Minggu, 14 Mei 2017

Media Humas (PR Media)


Media humas bersifat lebih kepada publikasi dan komunikasi. Media komunikasi yang penting digunakan humas adalah dalam kemitraannya dengan media pers (cetak atau elektronik) --dikenal dengan media relations (hubungan media) atau press relations (hubungan pers).

Tujuan Media Humas
 Promosi & tingkatkan pemasaran
 Komunikasi berkesinambungan
 Tingkatkan kepercayaan publik
 Tingkatkan citra perusahaan/organisasi


Jenis Media Humas

 Media Cetak (jurnal inhouse, surat kabar, majalah, dll)
 Online Media (website, blog, media sosial, email, dll)
 Broadcasting Media (radio, televisi, dll)
 Special Event (seminar, workshops..dll)
 Outdoor Media - Media Luar Ruang (spanduk, papan reklame, poster, dll)

Pemilihan Media 
 Radio; Plus : penyampaian gagasan sederhana dan langsung, teks luwes (mudah dikoreksi), punya publik khusus; Minus : dialog dan materi kurang variasi, fakta tak bisa dibeberkan lengkap, melelahkan (suara dan waktu terbatas), hanya bisa didengarkan sekali.

 Siaran televisi; Plus : jangkau masyarakat luas, audio visual; Minus : biaya mahal, komunikasi satu arah, siaran cepat, daya beli mahal

 Surat kabar; Plus : menjangkau semua lapisan masyarakat, murah; Minus: penyampaian berita tergantung penulis (isi sudah benar? mudah dimengerti  dan dicerna awam? dll)


Media Humas (PR Media) adalah segala bentuk media (sarana/saluran/channel) yang digunakan praktisi humas dalam pekerjaannya dengan tujuan publikasi yang luas agar produk atau jasa yang humas pasarkan lebih dikenal oleh masyarakat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

TERIMA KASIH